Begini Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu

Advertisemen
Ada beragam pilihan cara menghitung usia kehamilan dalam minggu yang bisa anda jalankan. Menghitungnya dengan cara manual menggunakan rumus yang ditetapkan, dengan perkiraan, atau bahkan juga saat ini Anda telah dapat mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara automatis memakai aplikasi yang terpasang di gadget. Dengan tahu umur kehamilan dalam minggu Anda bisa memberi yang paling baik untuk calon bayi Anda pas sesuai sama waktunya. Seperti halnya buah-buahan yang pas pada masing-masing trimesternya, makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama dan sebagainya, dan pantangan-pantangan pada umur kehamilan spesifik. Atau bahkan juga apabila penasaran dengan perubahan janin setiap minggunya, Anda bisa tahu sesuai sama umur kehamilan.

Kehamilan yaitu satu diantara hal yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri sekalian jadi anugerah yang begitu indah yang didapatkan dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karenanya sangat banyak pasangan suami istri yang umumnya tak sabar menantikan buah hatinya untuk selekasnya lahir serta dapat lengkapi keluarga mereka. Sebagai ibu hamil maupun pasangan yang mengikuti ibu hamil Anda semestinya bukan sekedar menantikan kapan anak Anda bakal lahir, walau demikian dapat juga menjaga kehamilan Anda lewat cara yang pas sesuai sama umur kehamilan.

Sepanjang kehamilan pasangan suami istri mesti bisa sama-sama memberi motivasi supaya janin sehat serta ibu tak alami beban psikis. Suami bisa memberi dorongan dalam mewarat kehamilan dengan pas sesuai sama umur kehamilan.

Utamanya tahu umur kehamilan untuk memonitor perubahan serta perkembangan janin sesuai sama usianya, anda bisa tahu perubahan janin dalam minggu lewat artikel berikut ini.

Dalam mengkalkulasi umur kehamilan anda dalam lakukan dengan memakai cara-cara. Anda bisa mengkalkulasi lewat cara manual memakai rumus atau mungkin dengan aplikasi yang automatis terpasang di gadget.

Utamanya tahu umur kehamilan bisa menolong anda untuk tahu perubahan serta perkembangan janin sesuai sama umur. Tolak ukur kesehatan janin didalam kandungan bisa ditetapkan berdasar pada umur kandungan. Anda bisa memastikan umur kehamilan dalam hari, minggu, bln. bahkan juga trimester.

Sesudah tahu umur kehamilan ibu bisa memberi yang paling baik untuk calon bayi sesuai sama waktunya. Umpamanya keperluan nutrisi untuk mensupport perkembangan serta perubahan, makanan yang baik, pantangan kesibukan maupun berolahraga yang sesuai dengan umur kehamilan.

Biasanya umur kehamilan berjalan sepanjang 40 minggu diawali dari hari paling akhir haid. Langkah mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual bisa memakai minggu maupun bln. cuma saja dokter kandungan maupun bidan kerap memakai hitungan dalam minggu. Hal semacam ini di rasa lebih akurat dalam memberi perkiraan tentang perubahan serta perkembangan kehamilan.


Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan dalam minggu :


1. Hitungan Kalender

Satu diantara langkah yang paling manual dalam mengkalkulasi umur kehamilan yaitu dengan mengkalkulasi memakai kalender. Langkah paling classic serta umum dipakai walau demikian anda mesti tahu siklus haid paling akhir.

Hitungan dalam kalender ini bakal memakai haid pertama haid terakhkir dalam rumus dalam menghitungnya. Lalu setelah itu tanggal dari haid pertama serta haid paling akhir itu bakal dimasukan kedalam rumus yang di kenal dengan Naegele. 

Langkah mengkalkulasi umur kehamilan dengan cara manual dengan memakai Naegele ditambah 7, lantas bln. haid dikurangi 3, dan pada th. ditambahkan angka 1. Rumus ini begitu simpel sekali serta gampang diterapkan cuma saja rumus mengkalkulasi memakai kalender ini cuma berlaku pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur.

Di bawah ini yaitu contoh yang bisa anda kerjakan jika bakal memakai langkah Naegele.

Hari prediksikan umur melahirkan umpamanya dirumuskan dengan Haid Pertama Haid Paling akhir (HPHT) -7 serta bln. HPHT-3 serta ditambah satu pada tahunnya. Jika bln. tak dapat dikurangi dengan angka 3 jadi rumus dirubah jadi ditambah 9 walau demikian tahunnya tak perlu dipakai.

Di bawah ini yaitu contoh HPHT pada tanggal 17 Agustus 2014, jadi perhitungannya untuk tanggal 17-7=10 sedang untuk bln., bln. Agustus bln. ke 8-3=5 di mana bln. kelima yaitu bln. Mei. Lantas tahunnya 14+1=16. Hingga bisa diprediksikan tanggal kelahiran yaitu tangga ; 10 Mei 2016. Cuma saja untuk tanggal kelahiran umumnya di beri saat sebelumnya serta sesuadah 7 hari dari perkiraan, hingga peluang hari kelahiran yaitu tanggal 3-17 Mei 2016.

Diluar itu anda dapat juga memakai sebagai langkah mengkalkulasi umur kehamilan dari hari pertama haid serta hari paling akhir haid. Jika diliat dari contoh masalah di atas jadi tanggal 17 September yaitu bln. pertama kehamilan, bln. ke-2 17 Oktober dan sebagainya.

2. System Fundus Uteri

Anda bisa memakai langkah mengkalkulasi umur kehamilan dalam minggu setelah itu dengan memakai system fundus uteri yakni engan meraba sisi rahim terlebih di bagian yang merasa menonjol di dalam rahim.

Langkah tersebut dikerjakan oleh bidan atau dokter kahamilan yakni dengan mengkalkulasi dari mulai tulang kemaluan di mana jarak tulang kemaluan hingga pada pundak rahim atau fundus uteri sekitaran 28 cm, jadi bisa disebutkan kehamilan telah masuk umur kehamilan 28 minggu. Jika anda alami berat tubuh yang normal jadi anda bisa mengkalkulasi jarak itu dengan meletakan ke-2 jari dari tulang kemaluan ke fundus, teori ini menyampaikan kalau umur kehamilan bisa ditentikan dengan dua jari yang mengisyaratkan dua minggu umur kehamilan.

3. Mendeteksi Gerakan Janin


Langkah mengkalkulasi umur kehamilan dalam minggu bisa pula dengan memakai deteksi gerakan janin. Deteksi gerakan janin ini tak mempunyai kaakuratan 100%. Cuma saja anda bisa memprediksinya lewat cara rasakan gerakan janin diperut. Jika anda telah bisa rasakan gerakan janin serta bergerak didalam perut diperkiran kehamilan telah masuk umur 18 minggu atau umur 20 minggu kehamilan.

Dalam mengkalkulasi umur kehamilan dengan memakai deteksi gerakan janin ini dibedakan berdasar pada kehamilan pertama serta ke-2 atau selanjutnya. Untuk ibu yang hamil pertama gerakan janin baru dirasa pada umur kehamilan 18-20 minggu, sedang pada ibu hamil yang masuk kehamilan ke-2 dan sebagainya bisa dirasa pada umur ke 16-18.

4. Kalkulator Saat Subur

Anda bisa memakai langkah mengkalkulasi dengan kalkulator saat subur. Langkah tersebut bisa mengkalkulasi umur kehamilan jika lupa haid pertama haid paling akhir. Langkah tersebut spesial untuk mengkalkulasi berapakah umur kehamilan anda, langkah tersebut begitu instan tanpa ada mesti memakai perhitungan yang begitu rumit.

Kalkolatur saat subur umumnya bisa dikerjakan dengan aplikasi, anda tinggal mencocokan dengan sesuai sama keadaan kehamilan anda. Hingga bisa di ketahui umur kehamilan, tanggal kelahiran serta keadaan janin. Dengan hal tersebut dengan memakai kalkulator kesuburan anda bisa memperoleh info tentang kehamilan lebih komplit.

5. Memakai USG

Langkah mengkalkulasi umur kehamilan dalam minggu di atas belum memberi akurasi yang cukup untuk anda. Jika menginginkan tahu dengan tentu umur kehamilan anda dapat juga tahu tanggal perkiraan kelahiran dengan memakai cara medis.

Keakuratan dari hasil cara medis ini sebesar 95%, langkah tersebut di kenal dengan arti USG atau Ultrasonografi. Dengan memakai cara ini bisa mengkalkulasi umur kehamilan, deskripsi janin, perkiraan kelahiran serta kesehatan serta perubahan janin didalam kandungan.

Dalam lakukan kontrol USG anda bisa memakai dua type yakni USG transvaginal atau mungkin dengan lewat jalan lahir sedangankan USG transabdominal lewat dinding perut. Doker lebih merekomendasikan memakai USG transvaginal pada ibu hamil.

Tersebut beberapa cara yang dikerjakan untuk memberi deskripsi dalam kontrol umur kehamilan, anda bisa memakai langkah manual atau memakai langkah medis dengan hasil akurasi sebesar 95%. Hal terutama untuk anda yaitu lakukan perawatan kehamilan dengan tahu memperluas wawasan anda sekitar kehamilan. Diluar itu pentin lakukan konsultasi dengan dokter mengungat tiap-tiap individu mempunyai kisah kesehatan yang tidak sama saat melakukan kehamilan.

Baca juga artikel kami setelah itu yang terkait dengan sinyal kehamilan serta perawatan kehamilan yang perlu anda kenali dalam mensupport perubahan serta perkembangan janin.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Seputar Wanita - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger